Rabu, 27 November 2013

Perencanaan Dalam Keuangan



Menurut  Ahmad Ghozali, ahli perencanaan keuangan bahwa ada hal yang penting juga tentang perencanaan keuangan , selain perencanaan untuk mengumpulkan dan mendapatkan uang,  membuat uang itu semakin banyak atau berkembang dalam bisnis dan investasi. Dan ditulisan ini yang akan dibahas adalah  perencanaan keungan dalam manajemen resiko.
Dalam manajemen resiko ada 3 hal yang mesti kita lakukan yaitu :
1. sedekah
2.saving atau tabungan
3. asuransi
Ini menurut Pak Ahmad Ghozali , ya ternyata yang pertama itu adalah sedekah, wah ngomongin sedekah nih,  pastinya pembaca sudah tahu apa itu sedekah,  tapi baiklah saya akan mengingatkannya lagi .  Dalam hadits - hadits Rasullah bisa kita dapatkan wasilah dari sedekah itu yaitu :
  • Sedekah dapat menolak 70 pintu bencana
  • Obatilah penyakitmu dengan sedekah
  • Bentengilah harta bendamu dengan sedekah
  • Sedekah dapat menolak musibah dan menambah keberkahan umur
  • Sesungguhnya yang akan menaungi seorang Mukmin pada hari kiamat kelak adalah sedekah
  • Barang siapa bersedekah dengan sebiji tamar, kelak di hari kiamat dia akan mendapat pahala sebesar gunung yang berada di atas timbangan amalnya
  • Tidak akan berkurang harta yang disedekahkan, bahkan akan bertambah, akan bertambah dan akan bertambah
  • Sedekah dapat menutup kemurkaan Allah
  • Bentengilah harta bendamu dengan sedekah
Jadi sudah jelaslah apa itu fadhilah dari sedekah, apalagi kalau diniatkan murni karena mencari ridhoNya, tapi karena sikap manusia yang memang karena manusia itu akan di uji dengan sedikit ketakutan, kelaparan, dan kemiskinan . Dalam point besarnya adalah cobaan berupa 3 hal itu.
2. Saving atau tabungan
Ya saving , kita tidak boleh menghabiskan harta kita semua untuk investasi , bisnis , bahkan untuk sedekah.  Seperti pesan Rasullah tingallkanlah juga 1/3 dari harta kita untuk anak keturunan kita.  Simpanan juga tidak harus besar tapi sekedarnya saja untuk keperluan masa depan, juga keperluan yang mendadak, bisa berupa pengobatan buat keluarga.
3. Asuransi
Asuransi syariah mirip dengan arisan keluarga , dimana dana dikumpulkan bareng-bareng , dan kemudian menyumbangkan dana itu kepada saudara yang lagi dapat musibah.
Nah ternyata asuransi juga penting tapi bukan yang pertama, tapi yang ke tiga. Karena sedkah itu untuk mencegah musibah yang akan datang. Sedangkan saving dan asuransi itu berguna ketika musibah sudah datang.  Saving berguna ketika musibahnya cuman pribadi, misalnya sakit, keperluan pendidikan anak.
Dan asuransi berguna untuk mencover ketika ada musibah yang siaftanya makro, seperti kebakaran toko kita, pabrik kita, atau rumah kita. Atau bisa juga karena ada bencana alam seperti banjir  dan gempa bumi.

0 komentar:

Posting Komentar